8/21/2016

10 Meme 'harga rokok Rp 50 ribu' #Kami tidak panik

|2 komentar
10 Meme 'harga rokok Rp 50 ribu' #Kami tidak panik

 Harga rokok di Indonesia kabarnya tengah dikaji untuk dinaikkan menjadi Rp 50 ribu per bungkus. Tentu saja kabar ini menuai banyak respons baik itu yang pro maupun yang kontra. Maklum saja, di Indonesia banyak sekali perokok dan banyak pula yang tak merokok....
1. Hahaha, bungkusnya jadi gede gini.



2. Beli per batang aja deh.



3. Sudah diingatkan tuh.


4. Sayang kalau mau dibakar, mahal sih.


5. Ngemut permen aja yang murah.


6.Ada yang nggak ngerokok di sini?


7.Anak kos mah yang penting nasi bungkus nggak naik.



8. Gimana Pak?


9. Eaaaa.


10.Buat beliin permen maksudnya.



Sumber brilio.net





Silahkan comentar melalui Facebook

6/25/2016

10 Meme ini bakal jadi ujian puasamu, berani lihat?

|0 komentar
10 Meme ini bakal jadi ujian puasamu, berani lihat?

1.Ehmmmm


2.Fokus ke pesanya bukan ke minumanya


3.Kurang apa menurutmu

4.Hmmmmmm


5.Betul


6.Eaaaa

7. Pilih Yang Mana


8. Yang di kangenin


9. Dapet Salam Nih


10.Kenapa hayo












Silahkan comentar melalui Facebook

Apa Itu Brexit dan Kenapa Harus Tau Akan Hal Ini Dan Apa dampaknya

|0 komentar
Apa itu Brexit yang lagi rame banget diomongin?
Brexit adalah singkatan dari British Exit, di mana masa depan Inggris dalam keanggotaan Uni Eropa akan ditentukan. Rakyat Inggris, lewat referendum, akan memilih apakah negeri pulau itu akan tetap menjadi bagian dari Uni Eropa atau keluar dari pakta ekonomi tersebut. Setelah para warganya melakukan voting, Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.


https://2.bp.blogspot.com/-gAfFm0jLWKI/V2ze0kRGT5I/AAAAAAAAByM/3QnpnpwtH_wmMQEVEYUjJqxaUqLk4hgXACLcB/s1600/cotton-top-tamarin-saguinus-oedipus5.jpg
Hasil akhir voting Brexit
Apa sih yang bikin Inggris mau keluar dari Uni Eropa?
Awalnya ketika beberapa negara Eropa seperti Jerman Barat, Perancis dan empat negara lainnya membuat sebuah pakta kerja sama yang dinamakan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) pada 1957. Dalam perkembangannya, organisasi ini menjadi Uni Eropa pada 1993 dengan 28 negara anggota dan total 500 juta jiwa warga yang tersebar dari Irlandia hingga Yunani.
Uni Eropa ini bukan lagi sebuah organisasi, namun sebuah "negara baru" lengkap dengan parlemen, bank sentral, undang-undang hingga mata uang bersama. Sejauh ini 19 negara anggota menggunakan euro sebagai mata uang resmi.
Jadi kalo kamu tinggal di Inggris, jalan-jalan ke Prancis itu sama kayak pergi dari Jakarta ke Bogor.
Inggris bergabung dengan Uni Eropa pada 1973, tetapi banyak warga negeri itu merasa pada dasarnya mereka berbeda dengan para negeri tetangga di Eropa daratan. Sehingga meski menjadi anggota Uni Eropa, banyak kalangan di Inggris sudah lama merasa bahwa negeri itu seharusnya keluar dari pakta ekonomi tersebut.
Kompas.com cerita, saat mereka berkunjung ke kota London belum lama ini, banyak warga sudah memajang pilihannya di jendela rumah mereka.
Di berbagai rumah di dalam kota London, banyak yang memajang plakat bertuliskan “I’m in” yang artinya mereka ingin Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa.
Sedangkan di luar kota London, kata “No” atau memilih keluar dari Uni Eropa agaknya lebih mendominasi.
Brexit ini berpengaruh besar sama ekonomi dunia. London adalah benar-benar kota kosmopolitan, hampir semua ras dan bangsa ada di ibu kota Inggris itu. "Di London ada sekitar 500.000 orang Perancis, sebaliknya di Paris hanya ada 16.000 orang Inggris. Artinya, roda perekonomian memang ada di sini (Inggris)," kata Anton Alifandi, mantan jurnalis yang kini tinggal di London.

Lalu, apa pengaruhnya buat kita, anak muda di Indonesia?
Well, Brexit ini berpengaruh buat kalian yang berniat sekolah atau kuliah di Inggris.
Kenapa? Kamu akan mempertimbangkan untuk belajar dan/atau menetap ke Inggris. Karena faktanya, sekitar 20 persen dari staf di universitas bergengsi di Inggris adalah warga non-Inggris. Mereka bisa bekerja karena Inggris tergabung dalam Uni Eropa.
Yap, salah satu kekhawatiran kalau Inggris hengkang dari Uni Eropa adalah kurangnya tenaga kerja untuk sejumlah sektor di negeri itu.
Selanjutnya, Inggris adalah penerima pendanaan tertinggi dari Uni Eropa untuk penelitian. 78 universitas melakukan sekitar 1.000 proyek setiap tahunnya. Dengan dana yang dipotong serta pengurangan staf non-Inggris, ini bakal berpengaruh pada kualitas pendidikan.
Kamu juga nggak bisa main dengan bebas ke Prancis atau Jerman saat libur kuliah.
Tapi nggak usah cemas dulu. Dua tahun ke depan, Inggris masih harus mengikuti dan menjalankan semua peraturan dan perjanjian Uni Eropa yang sudah disepakati, tetapi Inggris nggak bisa terlibat dalam pengambilan keputusan.
https://pbs.twimg.com/media/CbvJe5oWwAAIpM_.jpg
Selama dua tahun itu, Inggris akan menegosiasikan berbagai kesepakatan terkait hubungan dengan negara anggota Uni Eropa lainnya. Biasanya, negosiasi akan memakan waktu lebih dari dua tahun, tergantung kelancaran negosiasi.

Sumber

Silahkan comentar melalui Facebook

6/08/2016

Cerita Sri mengaku nabi dan pernah diajak Jibril ke surga dan neraka

|0 komentar
Cerita Sri mengaku nabi dan pernah diajak Jibril ke surga dan neraka
Seorang yang mengaku nabi kembali terjadi. Kali ini perempuan warga Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam ajarannya, dia bersama pengikutnya melaksanakan salat menghadap arah timur, atau lokasi di mana matahari terbit.
Pemimpin aliran sesat ini bernama Sri Hartatik (48), warga Desa Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, mengaku mendapat wahyu dari Malaikat Jibril.
Ibu empat anak ini, mengaku memiliki tata cara ibadah sendiri, lain dari ajaran Islam umumnya. Ajaran itu dijalani setelah dirinya mengaku mendapat wahyu dari Malaikat Jibril. Tak lama kemudian Sri mengklaim sebagai nabi baru.
Bahkan, sang suami Agus Haryanto dan keempat anaknya ikut menjalankan ajarannya. Ada beberapa juga mendatangi Sri dengan alasan berobat. Mereka lantas sembuh setelah menjalankan salat menghadap timur.
“Selama saya sakit, juga pernah diajak keliling surga dan neraka oleh malaikat jibril,” ucap Sri, Selasa (7/6).
Tidak hanya menjalankan salat menghadap timur, perempuan yang baru saja mengundurkan diri sebagai guru pegawai negeri sipil juga membukukan semua klaim wahyu didapatnya.
“Saya sejak 6 tahun ini saya mengalami sakit keras. Selama sakit keluar ayat-ayat suci, melalui dada, punggung, dan kepala saya,” tutur Sri.
Kitab setebal 350 halaman itu dinamai Al Kitab Na’sum, yang artinya Kitab Suci Kehidupan Dunia. Itu menjadi pegangan dia dan pengikutnya dalam beribadah.
Bahkan dia sempat menunjukkan tata cara salatnya, seperti wudhu hingga salat menghadap timur. “Kalau tata cara bersuci (wudhu) sama, mirip, bacaan salat juga sama. Cuma menghadapnya beda,” kata Sri.
Untuk meyakinkan ajarannya, Sri Hartatik mendatangi beberapa Kyai (Ulama). Sri mengaku sudah pernah berkonsultasi dengan beberapa pemuka agama. Namun menurutnya, beberapa kyai itu meminta supaya ajaran Al Kitab Na’sum tidak disebarkan.
“Saya sudah nemui Kyai. Namun tidak bisa nemuin karena saya perempuan. Saya lari ke Kyai lain, termasuk ke Doro, dan dijawab itu untuk dirimu sendiri saja,” ujar Sri.
Belum puas dengan jawaban para Kyai, Sri lantas berdoa meminta petunjuk. Pada saat salat, Sri mengaku ada cahaya menghujam kepalanya.
“Karena saya bimbang maka saya salat minta petunjuk, dan berdoa tolong jika ini kebenaran hilangkan saya keraguan ini. Tiba-tiba ada cahaya menghujam kepala saya, dan sejak itu saya yakin karena itu pertanda,” kata Sri.
Sejak saat itu, Sri bersama keluarga dan pengikutnya menjalani salat menghadap timur, atau matahari terbit. Bahkan, Sri mengaku keluarganya membantu menulis Alkitab Na’sum.
“Saya menulis kitab ini dibantu anak dan suami. Selama periode 2009-2010 saat saya sakit keras,” ungkap Sri.
Lebih jauh Sri mengaku, saat itu anak dan suaminya, yakni Agus Triharyanto, kerap kerasukan makhluk halus.
“Suami saya kalau kerasukan itu sampai muntah-muntah. Setelah kerasukan, saya dipegang dan sembuh dari penyakit saya pada 2010,” papar Sri.
Sejak saat itu, lanjut dia, muncul ayat-ayat berbahasa Arab dari kepala, dada, dan punggungnya setiap merasakan kesakitan. Ayat-ayat itu langsung diartikan dan ditulis menggunakan bahasa latin sehingga mudah untuk dipahami.
“Kalau saya menulis menggunakan bahasa Arab takutnya salah diartikan. Makanya menggunakan bahasa latin,” tukas Sri.
Beberapa di antara kitab itu sudah diminta sejumlah orang yang mempercayainya, bahkan sudah sampai keJakarta.
“Buku ini dari perjalanan spiritual dari 2010 sampai November 2015, yang terbaru 2016 ini belum sempat dibukukan. Buat yang mau minta ya saya kasih. Ada tamu saya dari Solo, Semarang, Batang, dan Jakarta,” beber Sri.

Silahkan comentar melalui Facebook

6/05/2016

Kapan Puasa Ramadhan 2016 / 1437 H ?? ini Jawabanya

|0 komentar


Tak terasa bulan Ramadhan yang di nanti akan segera datang Tapi Kapan puasa tahun ini akan tiba ini jawabanya ?? Sebagai pertanda awal Ramadhan sebelumnya harus dilakukan pengamatan dan observasi terlebih dahulu terkait posisi hilal. Hilal adalah penampakan bulan sabit muda yang terlihat pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi), yaitu di waktu sesudah maghrib. Ada alasan yang mendasari mengapa hilal hanya dapat terlihat saat petang atau magrib, yaitu disebabkan bentuk dari bulan sabit muda yang masih sangat tipis dengan cahaya yang masih sangat redup. Dikarenakan cahaya bulan sabit muda yang redup ini, maka terdapat kemungkinan tertutup oleh cahaya matahari yang jauh lebih terang sehingga mengakibatkan hilal menjadi tidak terlihat.

Sebagaimana yang pernah diberitakan sebelumnya, Lapan menyebutkan jika kemungkinan jatuhnya awal puasa Ramadhan serta Idul Fitri yang dimulai dari tahun 2015 hingga tahun 2022 di Indonesia akan serempak. Hal berbeda terjadi untuk Idul Adha, karena keseragaman baru akan terjadi mulai tahun 2016 hingga tahun 2022. Prediksi ini dikemukakan oleh Lapan dikarenakan faktor posisi bulan yang berada cukup tinggi.

Lalu bagaimana dengan Ramadhan tahun ini?. Berdasarkan hasil penelusuran dibeberapa website,awal puasa 2016 disepakati jatuh pada tanggal 6 Juni 2016 baik oleh NU maupun Muhammadiyah. Sedangkan Hari Raya Idul Fitri nampaknya juga akan diperingati secara berbarengan baik oleh Muhammadiyah dan NU yaitu jatuh pada tanggal 6 dan 7 Juli 2016.Pengamatan hilal ini menggunakan dua metode, yaitu metode hisab dan rukyat.


Metode hisab adalah metode untuk menentukan posisi bulan menggunakan perhitungan serta kalkulasi astronomis yang dilakukan secara matematis untuk mengetahui waktu dimulainya awal bulan yang terdapat pada kalender Hijriyah.


Metode rukyat merupakan kegiatan pengamatan hilal yang dilakukan secara langsung. Aktivitas ini mencakup pengamatan terhadap posisi bulan sabit muda yang terlihat untuk pertama kalinya setelah konjungsi. Pengamatan dengan metode ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan cara melihat langsung tanpa menggunakan alat bantu atau dapat juga dengan menggunakan alat optik seperti teleskop.

Nah dengan Demikian Awal Puasa Tahun 2016 menurut kesepakatan Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama atau NU  jatuh pada tanggal 6 Juni 2016  



Silahkan comentar melalui Facebook

4/03/2016

Ternyata Film Batman vs Superman Lecehkan Islam

|0 komentar
Film Batman vs Superman: Dawn of Justice yang kini memuncaki Box Office ternyata mengangkat stigma negatif terhadap Islam. Bahkan bisa disebut melecehkan Islam.


Film yang dalam tiga hari telah meraup 424 juta dollar AS (Rp 5,6 triliun) itu menampilkan sosok-sosok muslim sebagai teroris. Pada menit ke-12, tampak sejumlah orang berpakaian jubah dan penutup kepala dan sebagiannya mengenakan peci putih. Mereka memegang senjata dan menyandera seorang wanita.
 Belakangan, sosok-sosok muslim itu dikenalkan sebagai teroris. Mereka sempat beradu tembak dengan pasukan pemerintah dengan melibatkan tentara bayaran Lex Corp. Hingga Superman datang untuk menyelematkan sandera.


Film Batman vs Superman bukanlah satu-satunya film Hollywod yang melecehkan Islam. Sebelumnya tercatat Film Robocop 2014 dan Iron Man 3 yang juga menampilkan sosok-sosok muslim sebagai teroris. Bahkan film Dracula Untold telah memalsukan sejarah dengan menjadikan Islam dan muslim sebagai sosok anatagonis, membalik cerita dengan posisi Khilafah Utsmaniyah sebagai pihak yang jahat serta menggambarkan Sultan Muhammad II mati di tangan Dracula. Padahal fakta sebenarnya Dracula yang kalah dalam peperangan melawan Sultan Muhammad II. [Ibnu K/Tarbiyah.net]

sumber

Silahkan comentar melalui Facebook

3/09/2016

Penjelasan Singkat tentang Gerhana Matahari

|0 komentar
 Penjelasan Singkat tentang Gerhana Matahari





Gerhana matahari total Sudah terjadi pada tanggal 9 Maret . Gerhana matahari terjadi saat bulan berada di antara bumi dan matahari. Hal ini membuat bayangan bulan jatuh pada permukaan bumi. Gerhana matahari hanya terjadi saat bulan berada pada fase bulan baru, meski hal ini bukan berarti setiap bulan baru adalah gerhana.

Gerhana matahari terbagi menjadi 4 yaitu gerhana matahari total, sebagian, cincin dan gerhana matahari hibrida. Gerhana matahari total terjadi saat bulan berada di jarak yang tepat sehingga bulan terlihat seolah menutupi matahari. Rata-rata, gerhana matahari total terjadi setiap 18 bulan.
Space menjelaskan, saat gerhana matahari terjadi, ia menimbulkan dua jenis bayangan yang disebut umbra dan penumbra. Umbra adalah bayangan di daerah dimana matahari tertutup sepenuhnya. Umbra dikelilingi oleh penumbra, bayangan yang tidak segelap umbra dan muncul karena matahari tertutup sebagian.

Sementara itu, gerhana matahari sebagian terjadi di kawasan yang tertutup bayangan penumbra. Di kawasan ini, matahari masih dapat terlihat. Berapa banyak bagian matahari yang masih dapat terlihat tergantung pada keadaan. Semakin dekat sebuah area dengan kawasan gerhana matahari total, semakin sedikit bagian matahari yang terlihat.


Gerhana matahari cincin adalah kejadian yang jarang terjadi. Fenomena ini mirip dengan gerhana matahari total karena bulan berada tepat di antara matahari dan bumi. Namun, pada gerhana matahari cincin, bulan berada di posisi yang membuatnya terlalu kecil untuk menutupi keseluruhan matahari. Durasi maksimal gerhana matahari cincin adalah 12 menit 30 detik.

Seperti namanya, gerhana matahari hibrida adalah campuran antaran gerhana matahari total dan sebagian. Biasanya, gerhana ini berawal sebagai gerhana matahari cincin. Di titik tertentu, ia berubah menjadi gerhana matahari total sebelum kembali menjadi gerhana matahari cincin.

Diantara semua gerhana matahari, 28 persen adalah gerhana matahari total, 35 persen adalah gerhana matahari sebagian, 32 persen gerhana matahari cincin dan 5 persen adalah gerhana matahari hibrida.

Gerhana matahari terakhir kali terjadi pada tanggal 20 Maret tahun lalu. Menurut Geoff Gaherty of Starry Night Education, gerhana matahari total kali ini akan terjadi dalam waktu yang cukup panjang yaitu lebih dari 4 menit. Bayangan bulan akan pertama kali jatuh di Pulau Sumatra.

Setelah itu, seperti yang disebutkan oleh Space, bayangan bulan akan jatuh di Kalimantan, Sulawesi dan Halmahera sebelum ia beranjak ke Samudera Pasifik dan berakhir di utara Hawaii. Sementara itu, gerhana matahari sebagian akan terlihat di Asia Selatan dan Timur, Australia Utara dan Barat dan sebagian besar kawasan Pasifik, termasuk Hawaii.

Sumber

Silahkan comentar melalui Facebook

2/21/2016

5 Fase Dunia Akhir Zaman

|0 komentar
 5 Fase Dunia Akhir Zaman


Jangka masa dalam sejarah manusia ditandai dengan mengikut nabi-nabi yang diutuskan.dan apabila nabi terakhir telah diutus,maka ini juga bermakna sejarah sudah sampai ke fase akhir....fase inilah yang amat sangat penting bagi IBLIS. karena,dari awal iblis sudah berjanji kepada Tuhannya,ia akan membuktikan bahwa manusia adalah makhluk yang merusakkan bumi dan selalu menumpahkan darah sampai kiamat.

Dan kitalah yang termasuk ke dalam fase terakhir zaman,mengikut nabi akhir zaman,yaitu Nabi kita tercinta, Nabi Muhammad SAW.mengikuti hadist,zaman umat nabi Muhammad dibagi menjadi 5,mengikuti 'kerangka' masa.Berikut 5 Fase kehidupan umat manusia:
“Masa kenabian itu ada di tengah-tengah kalian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila dia menghendaki untuk mengangkatnya.

selanjutnya adalah masa khilafah yang mengikuti jejak kenabian (khilafah 'ala minhaj an-nubuwwah), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila dia menghendaki untuk mengangkatnya.

Selanjutnya,masa kerajaan yang 'mengigit' (Mulkan Adhan). Adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila dia menghendaki untuk mengangkatnya.

Selanjutnya,masa kerajaan yang menyombong (Mulkan Jabariyyan), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila dia menghendaki untuk mengangkatnya.

Selanjutnya, adalah masa khilafah yang mengikuti jejak kenabian (khilafah 'ala minhaj al-nubuwwah).

Kemudian beliau (nabi) diam.” (HR.Ahmad dan Baihaqi dari Nudman bin Basyir dari Hudzalfah)

Menurut hadist diatas,

1.Fase Pertama adalah ketika nabi sudah hidup. Zaman ini sudah berlalu.

2.Fase Kedua, zaman pemerintahan yang mengikut cara kenabian. Pada zaman ini, kita dapat lihat umat Islam diperintah 4 Khulafa' Rashidin. Zaman ini pun sudah berlalu.

3.Fase Ketiga, zaman pemerintahan kerajaan yang 'menggigit'. Menggigit dalam hadits mengartikan bahwa mereka hanya menyerahkan kekuasaan mereka kepada keturunannya. Di zaman ini bisa kita lihat kerajaan Umayyah, Abassiyah, dan Uthmaniah yang berkuasa menggunakan sistem monarki. Zaman ini juga sudah berlalu.

4.Fase Keempat, zaman dimana dunia diperintah oleh pemimpin yang sombong dan merajalela. Zaman itulah sekarang.

5.Setelah berlalu fase ke-4 (zaman sekarang) , datanglah fase kelima. Di zaman tesebut, dunia akan kembali diperintah mengikut cara nabi berasaskan syariat Islam.

ketika habis bercerita mengenai 5 fase tersebut, tiba-tiba Rasulullah diam. Diam tesebut bermakna SEJARAH MANUSIA SUDAH TAMAT...Kesimpulannya berdasarkan hadist nabi,kiamat akan terjadi setelah Fase ke lima peradaban manusia.
Wallahualam..

Silahkan comentar melalui Facebook

2/14/2016

Download Camfrog Free Terbaru 2016

|0 komentar
 Download Camfrog Free Terbaru 2016



Camfrog merupakan klien perpesanan instan dan obrolan video. Tidak seperti Skype yang sebagian besarnya menghubungkan teman-teman dan keluarga, Camfrog memperbolehkan orang-orang untuk berkirim pesan dan mengobrol atau chatting dengan orang yang tidak dikenal. Camfrog terkenal khususnya karena layanan obrolan videonya yang berkualitas tinggi.
The program menawarkan sejumlah besar ruang obrolan yang berbeda-beda, banyak di antaranya dengan tematik, yang dapat diakses pengguna secara gampang. Para pengguna hanya perlu memilih dari daftar yang menyebutkan jumlah pengguna di dalamnya, maupun termasuk dalam kategori apa (di antara yang 4: Camfrog, Deaf, General, 18+) mereka berada. Para pengguna juga dapat membuat ruang obrolan mereka sendiri dengan mudah. Dari ruang obrolan, pengguna kemudian bisa baik urun rembuk dalam percakapan umum atau pun memilih berbincang dengan pengguna perseorangan. Informasi seperti jenis kelamin, usia, dan apakah pengguna memiliki kamera web dapat ditemukan dengan melewatkan tetikus di atas nama samaran pengguna tertentu.
Camfrog dapat diunduh, diinstal, diatur dan digunakan dengan sangat mudah, dan memberikan panduan pengguna untuk memecahkan masalah apa saja yang mungkin terjadi. Sangat gampang untuk menambah kontak, pengguna hanya perlu menambahkan nama samaran seseorang. Pengawasan orang tua sudah tersedia, dan ada banyak sekali fasilitas guna memproteksi privasi pengguna. Karena melanggar aturan ruang obrolan, pengguna bisa diblokir. Camfrog kompatibel dengan Microsoft Windows, Mac OS X, Android dan iOS. Versi Camfrog yang paling dasar adalah gratis, tetapi ada versi berbayar yang menawarkan fasilitas tambahan.


http://downloads.ziddu.com/download/25228550/camfrog.rar.html 
http://downloads.ziddu.com/download/25228550/camfrog.rar.html


Paswword Klik disini 

Silahkan comentar melalui Facebook

1/24/2016

Daftar Kelompok Bersenjata dalam Perang Sipil Suriah

|0 komentar



 Secara garis besar, pihak-pihak yang terlibat dalam perang sipil Suriah bisa dibagi ke dalam 4 kubu utama, yaitu :
- kubu pro pemerintahan Bashar Al-Assad
- kubu anti pemerintahan Bashar Al-Assad
- kubu non-Arab dengan haluan politik yang bervariasi
- kubu "kekhalifahan" yang ingin mendirikan negara Islam di Suriah & sekitarnya



KUBU PRO PEMERINTAH

Syrian Armed Forces (SAF)

Terjemahan : Angkatan Bersenjata Suriah
Nama lain : Al-Quwwat Al-Musallaha Al-Suriyyah
Tahun berdiri : 1946
Ideologi : nasionalisme, sekulerisme

Militer resmi negara Suriah. Seperti halnya militer negara-negara lain, SAF juga dibagi ke dalam beberapa cabang berdasarkan spesialisasinya : pasukan darat, laut, udara, pertahanan udara, & intelijen. Selain 5 cabang tadi, SAF juga memegang kendali atas beberapa kelompok paramiliter yang berafiliasi dengan pemerintah Suriah. Sejak era Perang Dingin, Uni Soviet menjadi penyuplai utama persenjataan untuk militer Suriah - peran yang kemudian dilanjutkan oleh Rusia. Sebelum perang sipil meletus, SAF diperkuat oleh 300.000 personil militer. Namun jumlah tersebut terus menurun seiring berjalan waktu akibat gugur dalam perang & desersi massal ke kubu lawan.


National Defence Force (NDF)
Terjemahan : Pasukan Pertahanan Nasional
Nama lain : Quwat Ad-Difa Al-Watani, Shabiha
Tahun berdiri : 2013
Ideologi : nasionalisme, sekulerisme

Organisasi paramiliter yang dikelola oleh pemerintah & militer Suriah. Keanggotaan NDF terdiri dari milisi-milisi pro-pemerintah yang digaji & dilatih oleh pemerintah. Namun tidak seperti SAF, NDF hanya terdiri dari pasukan darat. Tujuan pembentukan NDF adalah untuk mengakomodasi penduduk setempat supaya mereka bisa mempertahankan daerahnya sendiri dari pasukan anti-pemerintah & menciptakan organisasi paramiliter yang lebih profesional daripada Shabiha (milisi pro-pemerintah yang terkenal akan kebrutalannya). Berdasarkan data bulan Agustus 2013, jumlah anggota NDF adalah sekitar 100.000 personil.


Syrian Resistance (SR)

Terjemahan : Perlawanan Suriah
Nama lain : PFF-LI, Muqawamat al-Suriyah
Tahun berdiri : 2011
Ideologi : komunisme

Organisasi paramiliter yang dibentuk & dipimpin oleh Mihrac Ural / Ali Kayali, seorang penganut agama Islam sekte Syiah cabang Alawit yang berkebangsaan Turki. Tidak seperti NDF, SR beroperasi secara independen di luar kendali pemerintah Suriah. Walaupun SR mengusung ideologi komunisme yang berarti SR tidak padang bulu dalam hal kesukuan & sektarian agama, dalam praktiknya SR cenderung mengistimewakan orang-orang Syiah & Alawit di mana SR menjadikan orang-orang dari golongan tersebut sebagai prioritas untuk dilindungi. Berdasarkan data bulan Mei 2013, jumlah anggota SR adalah sekitar 2.000 personil.


Hizbullah

Terjemahan : Partai Tuhan
Nama lain : Hezbollah, Hizb Allah
Tahun berdiri : 1982
Ideologi : Islam Syiah

Organisasi paramiliter merangkap partai politik yang berbasis di Lebanon. Awalnya terbentuk di tengah-tengah berkecamuknya perang sipil Lebanon, Hizbullah kini menjadi salah satu kelompok bersenjata yang sangat getol memerangi Israel. Hizbullah kerap dianggap sebagai perpanjangan tangan dari Iran karena Hizbullah memang menerima bantuan senjata, uang, & pendidikan militer dari Iran. Sejak bulan Oktober 2012, Hizbullah ikut terlibat dalam perang sipil Suriah dengan dalih membantu melindungi orang-orang Syiah di Suriah. Tidak diketahui secara pasti jumlah persis anggota Hizbullah. Namun laporan yang dirilis pada tahun 2008 mengestimasi kalau Hizbullah memiliki 1.000 personil inti & 10.000 personil cadangan.


Al-Abbas Brigade

Terjemahan : Pasukan Al-Abbas
Nama lain : Liwa' Abu Al-Fadl Al-Abbas
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : Islam Syiah

Organisasi paramiliter yang keanggotaannya didominasi oleh relawan-relawan Syiah yang datang dari Irak, negara tetangga Suriah di sebelah timur. Nama "Al-Abbas" pada kelompok ini diambil dari nama putra mendiang khalifah Ali bin Abi Thalib. Kelompok ini dilatih secara khusus oleh militer Iran & Hizbullah di mana tujuan dari pembentukan Pasukan Al-Abbas adalah untuk melindungi pemukiman & tempat-tempat sakral komunitas Syiah di Suriah. Jika ada anggota Al-Abbas yang terbunuh di Suriah, maka jasadnya akan dipulangkan ke Irak untuk dikuburkan di sana. Berdasarkan data bulan September 2013, jumlah anggota Al-Abbas adalah sekitar 10.000 personil.



KUBU ANTI PEMERINTAH

Free Syrian Army (FSA)

Terjemahan : Tentara Suriah Merdeka
Nama lain : Al-Jaysh As-Suri Al-Hurr
Tahun berdiri : 2011
Ideologi : campuran

Kelompok pemberontak utama dalam perang sipil Suriah. FSA terbentuk ketika sejumlah tentara pemerintah Suriah (SAF) memilih untuk membelot karena enggan menembaki para demonstran anti-pemerintah yang tidak bersenjata. Seiring berjalannya waktu, jumlah personil FSA terus bertambah karena banyak warga sipil yang tidak menyukai rezim Assad juga ikut bergabung dalam FSA dengan harapan bisa menggulingkan rezim Assad lewat jalur perlawanan bersenjata. FSA menerima bantuan persenjataan & pelatihan militer dari AS & sejumlah negara Arab yang tidak menyukai rezim Assad. Berdasarkan data bulan Desember 2013, jumlah anggota FSA adalah sekitar 50.000 personil.


Jabhat Al-Nusra

Terjemahan : Front Pendukung
Nama lain : Al-Nusra Front, Al-Qaeda in Syria
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : Islam garis keras

Kelompok pemberontak yang memiliki afiliasi dengan Al-Qaeda & kerap menggunakan taktik seperti bom bunuh diri. Al-Nusra aslinya merupakan anggota ISI - kelompok cikal bakal ISIS - yang dikirim dari Irak untuk ikut berpartisipasi dalam perang sipil Suriah. Banyak dari anggotanya yang merupakan veteran konflik Irak sehingga kelompok ini pun menjadi salah satu kelompok paling tangguh & berpengalaman dalam perang sipil Suriah. Memasuki bulan Maret 2013, Al-Nusra harus mengalami pukulan berat setelah sebagian anggotanya membelot untuk bergabung dengan ISI  & membentuk ISIS. Berdasarkan data bulan Mei 2013, jumlah anggota Al-Nusra adalah sekitar 20.000 personil.


Islamic Front (IF)

Terjemahan : Front Islam
Nama lain : Al-Jabhat Al-Islamiyah
Tahun berdiri : 2013
Ideologi : Islam

Kelompok pemberontak yang terbentuk setelah 7 kelompok pemberontak Islamis Suriah melakukan peleburan pada bulan November 2013. Dibandingkan dengan kelompok-kelompok Islamis lainnya seperti Al-Nusra & ISIS, IF cenderung lebih moderat karena mereka menghindari tindakan ekstrimisme berbasis agama & bersedia untuk ikut serta dalam pemerintahan demokratis Suriah jika rezim Assad pada akhirnya berhasil digulingkan. IF dikabarkan menerima bantuan finansial & persenjataan dari Arab Saudi. Berdasarkan data bulan Januari 2014, jumlah anggota IF adalah sekitar 60.000 personil.


Army of Mujaheden (AM)

Terjemahan : Tentara Mujahidin
Nama lain : Jaish Al-Mujahidin
Tahun berdiri : 2014
Ideologi : Islam

Kelompok pemberontak berhaluan Islam yang dibentuk pada bulan Januari 2014 untuk memerangi ISIS di Aleppo, Suriah utara. Walaupun baik ISIS maupun kelompok pemberontak sama-sama memusuhi pemerintah Suriah, kelompok pemberontak Suriah tidak menyukai ISIS karena ISIS kerap memerangi kelompok pemberontak Suriah untuk mencaplok wilayah kekuasaan mereka. Alasan lain kenapa kelompok pemberontak Suriah - termasuk yang berhaluan Islam - tidak menyukai ISIS adalah karena ISIS dianggap mempraktekkan hukum syariat Islam secara brutal & berlebihan. AM pun dibentuk sebagai respon atas situasi tersebut. Di bulan yang sama dengan bulan pembentukannya, AM mengklaim kalau mereka diperkuat oleh 5.000 personil.



KUBU NON-ARAB

Yekineyen Parastina Gel (YPG)

Terjemahan : Unit Perlindungan Rakyat
Nama lain : People's Protection Units
Tahun berdiri : 2011
Ideologi : fanatisme Kurdi

Kelompok bersenjata yang keanggotaannya didominasi oleh etnis Kurdi, etnis minoritas Suriah yang populasinya terkonsentrasi di sebelah utara negara tersebut. YPG tidak memiliki agenda politik khusus & dibentuk untuk melindungi etnis Kurdi setempat dari ancaman kelompok bersenjata lain. Supaya bisa mengerahkan prajurit sebanyak mungkin di medan konfllik, YPG tidak menerapkan kebijakan diskriminasi gender & memperbolehkan prajurit wanita ikut terlibat dalam pertempuran di garis depan. Berdasarkan data bulan November 2013, jumlah anggota YPG adalah sekitar 50.000 personil.


Jabhat Al-Akrad

Terjemahan : Front Kurdi
Nama lain : Kurdish Front Brigade, Eniya Kurdan
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : fanatisme Kurdi

Kelompok bersenjata yang beranggotakan mantan anggota FSA dari etnis Kurdi. Tidak seperti YPG yang sejak awal mengambil sikap netral, Al-Akrad memposisikan dirinya sebagai kelompok penentang rezim Assad & sempat menjadi bagian dari FSA. Namun sejak bulan Agustus 2013, hubungan baik antara FSA dengan Al-Akrad memudar karena adanya tuduhan kalau Al-Akrad memiliki hubungan dengan PKK, kelompok pemberontak Kurdi di wilayah Turki yang dikategorikan sebagai kelompok teroris oleh AS & negara-negara Eropa. Sekarang, fokus perjuangan Al-Akrad adalah memerangi pasukan ISIS di Suriah timur & utara. Tidak diketahui secara pasti jumlah anggota Al-Akrad, namun kelompok yang bersangkutan pada bulan Agustus 2013 mengklaim kalau mereka memiliki 7.000 personil.


Mawtbo Fulhoyo Suryoyo (MFS)

Terjemahan : Dewan Militer Suryani
Nama lain : Syriac Military Council
Tahun berdiri : 2013
Ideologi : fanatisme Asyur / Suryani

Kelompok bersenjata yang keanggotaannya didominasi oleh etnis Asyur / Suryani, etnis minoritas Suriah yang umumnya menganut agama Kristen. Tujuan pembentukan MFS adalah untuk memperjuangkan hak-hak etnis Asyur di Suriah & melindungi penduduk Asyur dari ancaman kelompok bersenjata lain. Daerah operasi MFS sendiri berada di kawasan padat penduduk dengan populasi etnis Asyur berjumlah signifikan seperti Aleppo, Homs, & Damaskus. Seperti halnya YPG, MFS juga memposisikan dirinya sebagai kelompok yang netral & hanya melibatkan diri dalam konflik jika tujuannya adalah melindungi komunitas Asyur. Tidak diketahui berapa jumlah personil yang dimiliki MFS.


Sutoro

Terjemahan : -
Nama lain : -
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : fanatisme Asyur / Suryani

Kelompok bersenjata selain MFS yang keanggotaannya juga didominasi oleh etnis Asyur / Suryani. Tujuan utama pembentukan Sutoro adalah untuk menjaga ketertiban kawasan & melindungi komunitas Asyur di Suriah utara dari ancaman kelompok bersenjata Suriah yang lain. Berbeda dengan MFS yang netral, keanggotaan Sutoro terbelah antara mereka yang pro dengan mereka yang kontra dengan rezim Assad. Namun belakangan, kubu pro-Assad menjadi kubu yang lebih dominan dalam tubuh Sutoro. Berdasarkan data bulan Mei 2014, Sutoro diketahui memiliki anggota berjumlah sekitar 400 personil.



KUBU "KEKHALIFAHAN"

Islamic State of Iraq & Al-Sham (ISIS)

Terjemahan : Negara Islam Irak & Syam
Nama lain : ISIL, DAESH, Islamic State
Tahun berdiri : 1999
Ideologi : Islam garis keras

Kelompok bersenjata merangkap negara tanpa pengakuan internasional yang dimusuhi oleh hampir semua kelompok bersenjata di Suriah. ISIS awalnya merupakan kelompok cabang Al-Qaeda di Irak yang berhasil tumbuh menjadi kekuatan baru di Timur Tengah dengan memanfaatkan kacaunya situasi keamanan di Irak & Suriah. Namun sejak awal tahun 2014, Al-Qaeda memutuskan hubungannya dengan ISIS karena menganggap metode perjuangan ISIS terlalu brutal. Memasuki bulan Juni 2014, ISIS memproklamasikan pendirian kekhalifahan secara sepihak & mengumumkan rencananya untuk melakukan perluasan wilayah ke seluruh dunia. Berdasarkan data bulan Agustus 2014, jumlah anggota ISIS adalah sekitar 31.000 personil. 



Sumber :

© Rep. Eusosialis Tawon

Silahkan comentar melalui Facebook